PRACTICAL REPORT OF DEVELOPMENT LABORATORY
INVENTARISATION LABORATORY
Lecture: Purwanti Widhy
Arranged by:
Tri Sulis Setyawati (09312241027)
C. Nulat Panggayuh (09312241035)
Sunjani (09312244033)
M. IZzatul Faqih (09312244025)
Endah Dani (09312244034)
SCIENCE EDUCATION PROGRAM
MATHEMATICS AND SCIENCE FACULTY
YOGYAKARTA STATE UNIVERSITY
2010
Science Education Laboratory Inventaritation
A. Goals
1. To find out how complete tools and equipment at science education laboratory
2. To find out wether the science education laboratory suitable with internasional standar operation
3.
B. Basic Theory
Laboratorium yang memenuhi standar memiliki syarat sebagai berikut:
a. Lokasi ruang laboratorium
- Penerangan alami atau penerangan buatan yang optimal merupakan persyaratan yang mendukung untuk bagian praktek dan bagian-bagian penunjang. Penerangan alami didapat dari sinar matahari. Tetapi untuk keperluan ruang praktek dan ruang penunjang diusahakan seminimal mungkin memasukkan langsung sinar matahari ke dalamnya. Hal ini perlu diperhatikan agar kenaikan suhu ruangan dapat dikurangi.
- Agar terpelihara dengan sirkulasi udara yang bersih dan lancar dipergunakan ventilasi alami silang atau ventilasi buatan. Apabila dipilih sebagian besar ventilasi alami silang, untuk ruang praktek, maka perlu diadakan bukaan jendela yang cukup di kiri kanan bangunan langsung di bawah langit-langit.
- Kemungkinan memperoleh tenaga listrik. Alangkah baiknya jika diperoleh air bersih dari jaringan saluran air kota. Sekiranya tidak demikian maka dapat diperoleh dari sumber air bersih tanah dengan pompa tangan atau listrik.
- Jika ruangan laboratorium terdapat dalam kompleks bangunan-bangunan lain hendaknya dapat ditempatkan pada jarak yang cukup jauh terhadap bangunan lain, agar diperoleh ventilasi dan penerangan alami yang optimal.
- Apabila terdapat dalam kompleks bangunan maka hendaknya ditempatkan pada bagian yang mudah diawasi. Dengan demikian telah tercakup juga usaha pencegahan terhadap pencurian, kebakaran dan sebagainya.
b. Macam-macam ruang yang diperlukan
- Ruang praktek. Ruang ini merupakan ruang utama dari laboratorium. Ukuran ruang yang memadai terbentuk persegi sekitar 9 m panjang dan 8,8 m lebar. Dinding sebelah depan dipergunakan untuk menggantungkan papan tulis dan yang bagian belakang untuk menggantungkan almari atau rak simpan.
- Ruang persiapan. Ruang ini perlu dilengkapi dengan meja percobaan,bak cuci, kran air, kran gas dan penerangan yang cukup. Demikian juga almari buku, dan rak-rak untuk menyimpan buku-buku, lembaran-lembaran kerja, kartu-kartu dan sebagainya.
- Ruang gudang. Ruang ini digunakanuntuk menyimpan alat-alat dan bahan-bahan. Jika laboratorium dilengkapi pula dengan bahan radioaktif, maka memerlukan penanganan yang cukup.
- Ruang gelap. Ruang gelap diperlukan untuk memperoleh ruangan yang bersekat terhadap datangnya sinar cahaya dari luar baik sinar matahari maupun sinar lainnya. Namun demikian ruang gelap harus mendapat ventilasi yang cukup. Ruang gelap hendaknya dilengkapi dengan fasilitas air, listrik, dan lampu khusus ruang gelap.
- Ruang timbangan. Fungsi ruang untuk meletakkan timbangan dan melakukan penimbangan. Karena timbangan merupakan alat yang valuabilitasnya mudah berubah.
Base on PERMENDIKNAS No. 24 Th 2007
Kelengkapan Sarana dan Prasarana Ruang Laboratorium IPA :
a. Ruang laboratorium IPA berfungsi sebagai tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran IPA secara praktek yang yang memerlukan peralatan khusus.
b. Ruang laboratorium IPA dapat menampung minimum satu rombongan kelas.
c. Rasio minimum luas ruang laboratorium IPA 2,4m2/peserta didik. Untuk rombonan belajar dengan peserta didik kurang dari 20 orang, luas minimum ruang laboratorium 48m2 termasuk luas ruang penyimpanan dan persiapan 18m2. Lebar minimum ruang laboratorium IPA 5m.
d. Ruang laboratorium IPA dilengkapi dengan fasilitas untuk memberi pencahayaan yang memadai untuk membaca buku dan mengamati obyek percobaan.
e. Tersedia air bersih.
f. Ruang laboratorium IPA dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 3.7
No Jenis Rasio Deskripsi
1 Perabot
A Kursi 1 buah/peserta didik ditambah 1buah/guru Kursi stabil dan mudah dipindahkan
B Meja peserta didik 1 buah/7 peserta didik Kuat dan stabil. Ukuran memadai untuk menampung kegiatan peserta didik secara berkelompok maksimum 7 orang.
c Meja demonstrasi 1 buah/lab Kuat dan stabil. Luas meja memungkinka untuk melakukan demonstrasi dan menampung peralatan dan bahan yang diperlukan. Tinggi meja memugkinkan seluruh peserta didik dapat mengamati percobaan yang didemonstrasikan.
D Meja persiapan 1 buah/lab Kuat dan stabil. Ukuran memadai untuk menyiapkan materi percobaan.
E Lemari alat 1 buah/lab Ukuran memadai untuk menampung semua alat. Tertututp dan dapat dikunci.
F Lemari bahan 1 buah/lab Ukuran memadai untuk menampung semua bahan dantidak mudah berkarat
G Bak cuci 1 buah/2 kel ditambah 1 buah di ruang persiapan Tersedia air bersih dalam jumlah memadai
2 Peralatan Pendidikan
A Mistar 6 buah/ lab Panjang minimum 50 cm ketelitian 1mm
B Jangka sorong 6 buah/lab Ketelitian 0,1mm
C Timbangan 3 buah/lab Memiliki ketelitian berbeda
D Stopwatch 6 buah/lab Ketelitian 0,2 detik
E Rol meter 1 buah/lab Panjang minimum 5 m, ketelitian 1mm
F Termometer 100o C 6 buah/lab Ketelitisn 0,5 derajat
G Geles ukur 6 buah/lab Ketelitian 1ml
H Massa logam 3 buah/lab Dari jenis yang berbeda minimum massa 20 g.
I Multimeter AC/DC, 10 kilo ohm/volt 6 buah/lab Dapat mengukur tegangan arus dan hambatan. Batas minimum ukur arus 100mA-5 A. Batas minimum ukur tegangan untuk DC 100mV-50 mV. Batas minimum ukur tegangan untuk AC 0-250 V
j Batang magnet 6 buah/lab Dilengkapi dengan berbagai potongan jenis logam.
K Globe 1 buah/lab Memiliki penyangga dan dapat di putar. Diameter minimum 50 cm. Dapat memanfaatkan globe yang berada di ruang perpustakaan
L Model tata surya 1 buah/lab Dapat menunjukkan terjadinya gerhana
M Garpu tala 6 buah/lab Bahan baja, memiliki frekuensi berbeda dalam rentang audio
N Bidang miring 1 buah/lab Kemiringan dan kekasaran bidang dapat diubah-ubah
O Dinamometer 6 buah/lab Ketelitian 0,1 N/cm
P Katrol tetap 2 buahlab
Q Katrol bergerak 2 buah/lab
r Balok kayu 3 macam/lab Memiliki massa, luas permukaan, dan koefisien gerak berbeda
S Percobaan muai panjang 1 set/lab Mampu menunjukkan fenomena dan memberikan data pemuaian minimum untuk tiga jenis bahan
T Percobaan optik 1 set/lab Mampu menunjukkan fenomena sifat bayangan dan memberikan data tentang keteraturan hubungan antara jarak benda, jarak bayangan dan jarak fokus cermin cekung, cermin cembung, lemsa cekun, dan lensa cembung. Masing-masing minimum dengan tiga nilai jarak fokus.
U Percobaan rangkaian listrik 1 set/lab Mampu memberikan data hubungan antara tegangan, arus dan hambatan.
V Gelas kimia 30 buah/lab Berkala, volume 100 ml
W Model molekul sederhana 6 set/lab Minimum terdiri dari atom hidrogen, oksigen, karbon, belerang, nitrogen, dan dapat dirangkai menjadi molekul.
X Pembakar spiritus 6 buah/lab
Y Cawan penguapan 6 buah/lab Bahan keramik, permukaan dalam diglasir.
Z Kaki tiga 6 buah/lab Dilengkapi kawat kasa dan tingginya sesuai tinggi pembakar spiritus.
A Plat tetes 6 buah/lab Minimum ada 5 lubang
B Pipet tetes + karet 100 buah/lab Ujung pendek
C Mokroskop monokuler 6 buah/lab Minimum tiga nilai perbesaran obye dan dua nilai perbesaran okuler.
d Kaca penbesar 6 buah/lab Minimum tiga nilai jarak fokus
E Poster genetika 1 buah/lab Isi poster jelas terbaca & ber- warna, ukuran minimum A1
F Model kerangka manusia 1 buah/lab Tinggi minimum 150 cm
G Model tubuh manusia 1 buah/lab Tinggi minimum 150 cm. Organ tubuh terliht dan dapat dilepaskan dari model. Dapat diamati dengan mudah oleh seluruh peaerta didik.
H Gambar/model sistem pencernaan manusia 1 buah/lab Jika berupa gambar maka isinya jelas terbaca dan berwarna dengan ukuran minimum A 1.berupa model maka dapat dibongkar pasang
i Gambar model peredaran darah manusia 1 buah/lab Jika berupa gambar maka isinya jelas terbaca dan berwarna dengan ukuran minimum A 1.berupa model maka dapat dibongkar pasang
J Gambar/model sistem pernafasan manusia 1 buah/lab Jika berupa gambar maka isinya jelas terbaca dan berwarna dengan ukuran minimum A 1.berupa model maka dapat dibongkar pasang
K Gambar/model jantung manusia 1 buah/lab Jika berupa gambar maka isinya jelas terbaca dan berwarna dengan ukuran minimum A 1.berupa model maka dapat dibongkar pasang
L Gambar/model mata manusia 1 buah/lab Jika berupa gambar maka isinya jelas terbaca dan berwarna dengan ukuran minimum A 1.berupa model maka dapat dibongkar pasang
m Gambar/model telinga manusia 1 buah/lab Jika berupa gambar maka isinya jelas terbaca dan berwarna dengan ukuran minimum A 1.berupa model maka dapat dibongkar pasang
N Gambar/model tenggorokan manusia 1 buah/lab Jika berupa gambar maka isinya jelas terbaca dan berwarna dengan ukuran minimum A 1.berupa model maka dapat dibongkar pasang
O Petunjuk percobaan 6 buah/lab
3 Media Percobaan
A Soket listrik 9 buah/lab Satu soket untuk tiap meja peserta didik, 2 soket untuk meja demo, 2soket untuk ruang persiapan
B Alat pemadam kebakaran 1 buah/lab Mudah dioperasikan
c Peralatan P3K 1 buah/lab Terdiri dari kotak P3K dan isinya tidak kedaluarsa termasuk obat P3K untuk luka bakar dan luka terbuka.
D Tempat sampah 1 buah/lab
E Jam dinding 1 buah/lab
Tabel 3.7 Jenis, Rasio, dan Desripsi Sarana Laboratorium IPA.
Undang-undang Republik Indonesia No.20 Th.2003 Bab XII Pasal 45 :
1) Setiap satuan pendidikan formal dan nonformal menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan intelektual, sosial, emosional, dan kejiwaan peserta didik.
2) Ketentuan mengenai penyediaan sarana dan prasarana pendidikan pada semua satuan pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat 1) diatur lebih lenjut dengan peraturan pemerintah.
C. Materials and equipment :
1. Pen
2. Peaper
3. Rol meters
4. Obervation Sensory
D. Observation Methode
1. Measure the wide of science laboratory I, science laboratory II, and computer laboratory of science education FMIPA UNY
2. List all of materials and equipment in each laboratory
3. Classified the data suitable with caracteristic
4. Put the data in to observation tabel
E. Obsevation tabel
F.
Replika partssofear 1 buah
Replika termometer sederhana 1 buah
Model gelombang dan rambat getaran 1 buah
Gambar yang terdapat didinding terdiri dari:
a. Lologo indica (cumi-cumi)
b. Asterias
c. Goneonemus
d. Cancer (kepiting)
e. Female internal genital
f. Struktur jantung dan proses peredaran darah
g. Spongilla
h. Ulat daun tanaman alpukat
i. Gambar penampang batang
j. Hyme nachne amplexsiaaulis wess (rumput sumbi)
k. Sistem perawatan manusia
l. Virus
m. Mekanisme pencernaan sapi
n. Penampang gigi sakit
o. Planaria phylum platyhelmites
p. Tulang tangan manusia
q. Tumbuhan paku tanduk rusa
r. Taenia solium
s. Lumbricus terestris
t. Identitas tumbuhan
Bahan yang terdapat di Lab IPA satu terdiri dari:
a. Aquades
b. CH3COOH 0,2 M
c. NH4 0,2 M
d. Alkohol 70%
Data Lab IPA 2
List of materials and equipments in Science 2 laboratory
NO
Alat Jumlah
1 Meja praktikum 10
2 Meja absen 1
3 Kursi lab 36
4 Kursi lipat 29
5 Papan tulis 1
6 Tempat sampah 2
7 Vas bunga+bunga 1
A
M
Model equipment
NO
Alat Jumlah
1 Kapal selam 1
2 Batu-batuan 25
3 Kaki seribu 1
4 Miniatur tata surya 1
5 Lapisan matahari
6 Peta tebel periodik unsur 1
7 Awetan basah 4
Perlengkapan
No Alat Jumlah
1. 1 Penghapus 2
2. 2 Tempat kapur tuis 1
3. 3 Kemoceng 1
4. 4 Keran air 6
5. 5 Pohon Kaktus 1
6. 6 Botol kaca 11
7. 7 Bandul (alat peraga resonansi) 2
8. 8 Alat peraga jangka sorong 1
9. 9 Katrol 1
10. 10 Miniatur lempengan bumi 1
11. 11 Jaring-jaring makanan 1
12. 12 Insektarium resin 15
13. 13 Mineral KIT 1
14. Atom Thomson 2
15. Model atom Bohr 1
16. Miniatur bumi, matahari, bulan 1
17. Kipas angin 1
18. Lampu pijar 8
19. Penampang otot manusia 1
20. Lemari asam 1
21. Natrium Hidroksida
22. Asam Klorida
23. Air suling
24. Indikator universal
25. Timbangan 1
26. Balok kayu 5
27. Biuret 1
28. Sapu 1
29. Spiritus 1
30. Serok sampah 1
31. Poster pemanfaatan umbi ganyong 1
32. Incektarium (kardus) 2
33. Insectarium (kaca) 1
34. Batuan 2 pak
35. Herbarium 1
36. Pralon 38
37. Lampu minyak 1
38. Botol cuka 3
39. Kapur tulis
40. Gelas ukur 1
41. Gelas kaca 1
Computer laboratory sketch (up side)
Computer laboratory sketch (beneath side)
List of equipments in computer laboratory
NO Nama Barang Jumlah
1 Computers Set 40 pieces
2 Computer table 40 pieces
3 Fold chair 50 pieces
4 Table for instructor 1 piece
5 Chair for instructor 1 piece
6 Whiteboard 2 pieces
7 LCD 1 piece
8 LCD screen 1 piece
9 AC 2 pieces
10 Lamp 4 pieces
List of materials and equipments in equipment room
F. Discusion
In the first experiment of management science laboratory, the experiment method is observation. We observe all laboratory at Science Education FMIPA UNY, consist of : Laboratory science 1, laboratory science 2, and computer laboratory. The purpose of this experiment are to find out how complete tools and equipments at science education laboratory and to find out wether the science education laboratory suitable with internasional standar operation (ISO). The activity in this practical work is observe entire of laboratory room and inventoring all of the euipments and materials in it.
From the location point of view, all of laboratory room take place in the middle of sciebce and mathematic faculty,UNY. So we can observe easily. This room also get enough electric current and clear water supply. But, because of the location is in the center of campus, the consequence is do not get enough sun light and uneffective vantilation. In science Education laboratory available 2 practice room, 1 computer laboratory and 1 equipments room. If we saw from kind of rooms, we can say that laboratory at Science Education FMIPA UNY still not appropriate with standart laboratory because we can’t find prepare room, stuffy in room sphere, and lack of cleanliness.
Generally, Standart laboratory must obey standart legalize usage to support experiment activity and have responsible inventaritation. Standart that must ober by laboratory is base on national standart and international standar operation (ISO).
1. Science laboratory 1
In the science laboratory 1, with capacious 60 m2. This class is wide enough to patch a class with 25 students with portion 2,4m2 for every student.. The equipments such as: table and chair is comply with a standart. This room have completed with washtafle, blackboard, elektric fan, lamps, wastebasket, broom and some of visual equipments and some pictures of organism. But, in science laboratory 1 we cannot find many education equipments such as : lop, globe,microscope, optic set, etc. From lihgting point is clear enough, with some windows, so sun lights can entering this room, and 7 lamps in good condition. But the ventilation system in this room is less, because only one electric fan and some natural ventilatin so the air circulation is not fluent enough. It is also because the laboratory is arrounded by 4 building so the wind became obstructed and the room’s sphere became stufy enough. Ordering all equipments in this laboratory is disorganized, the room is lack of cleanliness, in washtafle we can found waste from other practical.Standart laboratory must always in clean and neat condition, the equipment are ordered tidy and in good organizied, for example tools and equipments for biology practice must separate from tools and equipments of physics practice.
2. Science laboratory 2
Science laboratory 2 with capacious 80 m2 can path all of the student with wide 3,2 m2 for each student. So from capacious point of view science laboratory 2 have suitable with standart. There are 10 practical tables and 65 chairs, and each of the table and chair can move easily, so arrangement of this room is flexible. We also can find blackboard, washtafle, and wastebasket. Ventilation of this room is better than other laboratory rooms,there are more windows and 1 electric fan, so the air can flow swit. Lighting in this room is enough, with 4 lamps and because the sun lights can entering this room easily. Some eqipments available in yhis room, but all of the equipments not ordering in case.
In equipments room , we can find many materials and equipments in the case. Some of the material not storing safely, and the equipments is not separate in each type. Ventilation system of this room is bad, without AC or electric fan, only some ventilation hole. And the air is suffy. We can’t found washtafle in this room, washtafle is very important because if sometie one of the chemis material spilled, we can do first aid, to claen it with water
Both laboratory is still lack of effectiveness condition. It is because between science laboratory 1 and 2 just separate by a tripleks. Whereas, good room must separate by permanent wall so activity in the laboratory not influence eacs other. That not lose important is about place of materials and tools rooms build far enough with both laboratory, so it also support uneffectiveness.
3. Computer Laboratory
Computer laboratory with capacious 70 m2, consist of 40 set of computers with table and chair. This room completed with LCD and the screen, so it room can use to lecture activities. There are 2 AC to cooling this room. Buts it is not enough to cooling 40 comtuters. Lighting in this room use 4 lamps, and sun lights can not entering this room. Not all of the computer can operated. In this room we can see some washtafle, but can’t operated, so it is disturb computer practical process.
The important point is at all of the laboratory rooms not completed with extinguishes of fire or first aid equipments. So the savety equipment is not available. And all of the equipments is not complet to do practical work.
G. Conclution
1. The tools and equipment at science education laboratory FMIPA UNY is not complet.
2. Science education laboratory FMIPA UNY is not suitable with internasional standar operation (ISO)
H. Daftar Pustaka
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003
No comments:
Post a Comment